Kenapa Lansia Hanya Butuh Minum 1 Liter per Hari?

http://anekasoftware406.blogspot.com/2014/08/kenapa-lansia-hanya-butuh-minum-1-liter.html
Pada usia lanjut atau diatas 60 tahun, terjadi delapan perubahan fisiologi yang menyebabkan lansia harus membatasi minum

Pada usia lanjut atau di atas 60 tahun, terjadi delapan perubahan fisiologi yang memudahkan mereka memiliki kondisi hiponatremia (kekurangan natrium plasma). Oleh sebab itu, dianjurkan bagi lansia hanya mengonsumsi tidak lebih dari 1,5 liter per hari.

Demikian ditulis para pakar kesehatan dalam buku ‘Air Bagi Kesehatan’ edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh pakar gizi seperti DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K).

Menurut para pakar tersebut, seperti dikutip Kamis (7/8/2014) lansia bisa mengalami perubahan seperti:

1. Penurunan volume air tubuh total
2. Penurunan laju filtrasi glomerulus
3. Penurunan kemampuan pemekatan urine
4. Peningkatan kadar ADH plasma

5. Peningkatan kadar Hormon Atrisl natriuretic peptide ( ANP ) yang berperan dalam pengaturan keseimbangan natrium dan air, volume darah dan tekanan darah.

6. Penurunan kadar aldosteron yang mempengaruhi tekanan darah dan keseimbangan garam.
7. Penurunan kepekaan pusat rasa haus

8. Penurunan kemampuan bersihan air

Dengan perubahan itu, menurut keempat ahli, lansia dapt mengalami dampak hiponatremia seperti mengantuk, lemas hingga kejang, kesadaran menurun dan kematian.

Pada penenelitian yang dilakukan di Panti Werda, Jakarta terhadap usia lanjut yang melakukan aktivitas ringan disimpulkan bahwa asupan air pada usia lanjut, optimal sebanyak 1.000 mL atau 1 liter sehari.

"Optimal maksudnya volume asupan air tidak menyebabkan hipovolemia (kekurangan cairan) dan hiponatremia. Pada keadaan usia lanjut, kepekaan pusat rasa haus ini berkurang sehingga diperlukan perhatian lebih dari pengasuh (caregiver) untuk mengawasi konsumsi air minum. Asupan air pada usia lanjut tidak dianjurkan lebih dari 1,5 liter dalam sehari," jelasnya.
Share on Google Plus

About Unknown

Aneka Software 406 merupakan sebuah blog yang menyediakan berbagai kebutuhan aplikasi bagi komputer Anda yang diberikan secara GRATIIISSS!!! tanpa syara dan ketentuan apapun. Admin : I Wayan Edy Muliarta the "Biographical Info".
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment