Inilah 6 Kebiasaan Terburuk Saat Pakai Uang

Banyak uang bisa memancing seseorang ceroboh dalam mengelolanya. Hasilnya, bukan menambah kekayaan, banyak orang justru menjadi boros dan menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting.

Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (5/2/2014), banyak kebiasaan buruk yang dilakukan seseorang dalam mengelola keuangan.

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan seperti menghambur-hamburkan uang untuk berlibur atau hiburan semata.

Berikut enam kebiasaan paling buruk saat menggunakan uang dan cara menghindarinya:

1. Membeli makan siang, kopi dan cemilan setiap hari

Jika Anda bekerja di kota besar, tentu Anda perlu mengeluarkan dana untuk transportasi ke kantor. Setiap harinya, Anda juga perlu menghabiskan dana besar untuk membeli makan siang dan cemilan.

Memang tidak ada yang salah dengan membeli makan siang atau cemilan di tempat kerja. Tetapi hal tersebut dapat menipiskan kantong pribadi jika dilakukan setiap hari.

Sebaiknya, Anda memisahkan anggaran makan selama satu bulan dan berusaha untuk tidak melanggarnya. Selain itu, sebaiknya membawa makanan dari rumah.

2. Tidak memprioritaskan utang berbunga tinggi

Semua utang tidak sama. Sayangnya, banyak orang yang lebih memilih membayar tunggakan sesukanya tanpa memperhatikan bunga utang yang dibayarkan.

Saat menerima gaji, sebaiknya dahulukan membayar utang yang berbunga tinggi. Fokus membayar utang berbunga tinggi dapat meringankan beban finansial Anda di kemudian hari.

3. Membawa kartu kredit di dompet

Tidak ada yang salah dengan penggunaan kartu kredit jika Anda bisa menggunakannya secara disiplin. Ingat, jika Anda tidak membayar kredit tepat waktu, akan dikenakan biaya tambahan.

Artinya itu menambah beban utang Anda. Berhenti menggunakan kartu kredit merupakan salah satu tantangan finansial terberat yang bisa dilakukan. Jika ingin tetap menggunakannya, maka pastikan Anda bersifat disiplin dan bertanggung jawab.

4. Menghambur-hamburkan uang untuk berlibur

Di waktu-waktu tertentu, biaya berlibur bisa sangat melambung seperti misalnya saat musim semi di luar negeri atau saat lebaran, natal dan tahun baru di Indonesia. Saat itu, Anda dituntut mengeluarkan biaya yang lebih besar baik untuk transportasi maupun sewa hotel.

Untuk itu, carilah waktu lain yang tidak terlalu ramai untuk berlibur. Selain itu, cari juga biaya penginapan yang murah untuk bersenang-senang.

5. Menghamburkan uang untuk hiburan semata

Banyak orang yang menghabiskan uang dalam jumlah besar hanya untuk memperoleh lagu kesayangannya. Tak hanya itu, uang dalam jumlah besar juga dihamburkan untuk menonton film di bioskop atau membeli kasetnya di toko.

Padahal saat ini Anda bisa mengunduh film atau lagu apapun yang disukai secara online melalui internet. Dengan begitu, Anda bisa jauh lebih berhemat.

6. Lupa menabung

Penting bagi setiap orang untuk menabung. Tetapi lebih penting lagi jika Anda disiplin dalam menabung.

Banyak orang yang merencanakan sejumlah uang untuk ditabung tetapi kemudian berhenti dan mengabaikan kebiasaan baik tersebut. Sebaiknya, ingat hari tua nanti dan pastikan Anda menabung untuk bisa hidup bahagia di masa-masa tersebut.
Share on Google Plus

About Unknown

Aneka Software 406 merupakan sebuah blog yang menyediakan berbagai kebutuhan aplikasi bagi komputer Anda yang diberikan secara GRATIIISSS!!! tanpa syara dan ketentuan apapun. Admin : I Wayan Edy Muliarta the "Biographical Info".
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment